7 Tips Ampuh Lolos Bidikmisi

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dibuka sebentar lagi. Ingin kuliah namun tidak memiliki biaya? Ambil saja beasiswa bidikmisi.
Tapi sebelum anda mengambil beasiswa ini anda harus tahu beasiwa ini ditujukan kepada siapa saja. Sebab realitanya banyak yang tiba – tiba jatuh miskin dengan bidikmisi ini. Bagaimana tidak beasiswa ini menggiurkan sekali bagi setiap calon mahasiswa atau mahasiswa yang saat ini menempuh di perguruan tinggi. Beasiswa bidikmisi sendiri ditujukan kepada mahasiswa yang kurang mampu yang ingin melnajutkan kuliah namun ia memiliki prestasi. Namun sayangnya beasiswa bidikmisi ini sering salah sasaran. Mengapa begitu? Sebab ada oknum yang tidak jujur dan tidak bertanggung jawab menyalahgunakan beasiswa ini.



Nah disini saya akan memberikan 7 tips ampuh lolos bidikmisi yang dapat anda coba:

1.     Penuhi Kriteria

Pastikan anda memiliki kriteria utama sebagai calon penerima bidikmisi yaitu berprestasi dan kurang mampu. Namun jika anda lari dan meleceng dari kedua kriteria ini pasti anda sudah memiliki ambisi negatif. Meski anda memiliki niat tidak ingin merepotkan orangtua dan beralih mengambil beasiswa bidikmisi ini namun tetap saja salah jika anda tidak memiliki dua kriteria yang disebutkan tadi. Banyak sekali beasiswa yang dapat anda ambil di kampus nanti contohnya saja beasiswa Djarum atau Tanoto Scholarsip.

2.     Siapkan Berkas

Sebelum anda mencalonkan diri sebagai penerima beasiswa bidikmisi maka anda harus mempersipkan pula berkas – berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar. Berkas yang dibutuhkan ketika mendaftar bidikmisi antara lain : BSM, tagihan rekening listrik selama 3 bulan terakhir, pajak bumi bangunan, surat keterangan tidak mampu dari kecamatan, foto rumah, dll.  Sebab nanti setelah pengumuman bidikmisi dan anda dinyatakan lolos universitas tempat anda daftara akan meminta hardfile.

3.     Isi Formulir Secara Teliti

Ketika anda mengisi formulir atau borang isilah dengan benar dan teliti. Jangan sampai ada kolom yang tidak terisi. Setelah anda mengisi pastikan cek kembali sebelum menekan tanda submit. Jika selesai dan fix cetak data diri pendaftar dan juga kartu pendaftaran bidikmisi.

4.     Pilih Jalur Masuk Dengan Benar

Jalur masuk perguruan tinggi bidikmisi ada 3 yaitu SNMPTN, SBMPTN dan jalur lokal. Pastikan anda memilih jalur tes yang akan anda ikuti saat ini dan jangan sampai salah klik jalur lain. Sebab jika salah alhasil anda akan gagal.

5.     Pilih Jurusan yang Tepat

Anda harus memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan dan latar belakang anda. Jika anda di SMA IPS maka pilihlah program studi SOSHUm. Namun jika anda dari IPA anda dapat memilih program studi SAINTEK. Ketika anda memilih jurusan ushakan di pilihan pertama merupakan jurusan yang benar – benar di sukai dan kedua merupakan jurusan yang disukai di ututan ketiga merupakan jurusan cadangan.

6.     Pilihlah Universitas yang Tepat

Ketika memilih universitas usahakan anda memilih universitas terbaik yang sanggup anda masuki. Universitas terbaik memiliki akreditasi minimal B dan menerima siswa bidikmisi. Selain itu anda juga harus tahu jumlah kuota penerima bidikmisi di universitas tersebut.

7.     Berdoa

Doa merupakan cara ampuh yang dapat membuat anda tetap optimis dan semangat dalam menjalani hidup. Berdoalah kepada Tuhan semoga mendapatkan jalan terbaik.

Demikian artikel tentang “ 7 Tips Ampuh Lolos Bidikmisi” yang saya tulis khusus untuk anda para pejuang bidikmisi. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah