Buah Leci : Manfaat, Nutrisi, Bahaya untuk Ibu Hamil

Ternyata buah leci juga disukai ibu hamil, karna rasa nya segar dan pasti, manfaat nya begitu melimpah bagi  kehamilan. Buah ini diperkirakan berawal dari asia tenggara  konon dari dataran tiongkok selatan. Buah leci pun memiliki bentuk hampir mirip menyerupai buah rambutan. Jika sudah matang kulit bual leci berwarna merah seperti buah stroberi.

Dimasa kehamilan pasti nya calon ibu akan mencari informasi - informasi seputar kesehatan berhubungan oleh kehamilan, seperti hal nya buah leci untuk ibu hamil. Karena mengonsumsi buah yang satu ini ibu hamil bisa tercukupi berbagai vitamin dan mineral cukup banyak dibutuhkan saat kehamilan berlangsung.

Rasa buah leci sangatlah manis dan ber aroma buah cukup khas menjadikan buah leci banyak diolah untuk buah olahan mengiurkan, Buah ini banyak pula dijadikan untuk minuman segar dari sirup sampai minuman sari buah dan ada juga diolah menjadi buah kaleng siap saji. Selain  nikmat saat dimulut, namun di dalam buah leci ini juga terdapat kandungan berbagai mineral atau pun vitamin cukup berlimpah.

Berikut ini Nutrisi Buah Leci per (100gram) yaitu :


Air 81,76 gram
Energi 66 kcal
Karbohidrat 16,53 gram
Serat 1,3 gram
Kalsium 5 mg
Kalium 171 mg
Zat besi 0,31 mg
Potassium 171 mg
Vitamin C 71,5 mg
Vitamin E 0,07 mg
Vitamin K 0,4 mcg
Folat 14 mcg

Dari berbagai vitamin - vitamin dan mineral yang terkandung di dalam nya beberapa diantara ada yang baik untuk untuk ibu hamil. Berikut ini bunda manfaat dari buah leci bagi ibu hamil wajib ketahui...

Manfaat dari buah leci untuk kesehatan ibu hamil :

1. Sumber Nutrisi Ibu Hamil

Buah leci terkenal aroma khas ini memang cukup segar jika dikonsumsi secara langsung atau bisa di olah menjadi minuman jus buah, rasanya sangat manis merupakan sumber nutrisi baik di konsumsi bagi ibu hamil, buah yang nama latin nya (Litchi Chinensis) ini pun terbilang aman dikarnakan jika di konsumsi saat telah kehamilan berlangsung. Serat tinggi dan kandungan vitamin cukup beragam terdapat di dalam nya.

2. Dapat Meningkatakan Kekebalan Tubuh

Pada saat masa kehamilan terkadang para calon ibu memiliki banyak keinginan atau biasa kita dengar istilah ngidam, salah satu kebiasaan wanita hamil cukup umum yang terjadi. Buah ini rupanya banyak diminati oleh ibu hamil, terutama karna manfaat nya. Dalam buah ini terdapat kandungan juga vitamin C cukup tinggi, dan dimana vitamin C tersebut bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh atau meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil dari serangan penyakit bakteri maupun virus umum menyerang wanita hamil.

3. Mencegah Terjadi Bayi Cacat

Semua calon ibu pasti menginginkan terbaik untuk kesehatan kandungan mereka, dari meliputi makanan dan asupan vitamin terbaik, agar kehamilan sang calon ibu terjaga atau tetap sehat. Salah satu mineral wajib dikonsumsi untuk ibu hamil adalah asam folat, dimana asam folat tersebut sangat baik sekali bagi kesehatan janin serta ibu. Jika ibu hamil kekurangan asam folat akan dapat berdampak buruk untuk sang janin, kemungkinan terburuk ialah kelahiran bayi akan bermasalah atau si bayi lahir dengan cacat fisik atau mental dan kekebalan tubuh ibu hamil cepat menurun. Maka dari itu, asam folat di kandungan pada dalam buah - buahan merupakan sumber alami sangat baik bagi ibu hamil layaknya buah leci.

4. Bisa Meringankan Morning Sickness

Morning sickness itu merupakan istilah cukup sering di ungkapkan saat ibu hamil mengalami gejala yaitu macam : mual,muntah,pusing disaat awal masa kehamilan. Gejala ini sering kerap muncul diwaktu pagi hari pada waktu bangun tidur. Namun, kadang bisa pula saat datang pada siang hari atau malam hari. Untuk mengurangi gejala morning sickness, sang ibu hamil dianjurkan banyak mengkonsumsi buah - buahan dengam kaya akan vitamin C serta vitamin B. Terutama vitamin B-6, penelitian mengatakan vitamin B-6 terdapat pada buah - buahan dapat mengurangi gejala muntah atau mual terjadi pada awal kehamilan. Maka dari itu sering kitapun  lihat banyak nya wanita hamil suka makan buah mangga dengan rasa asam nya ataupun buah lain nya. Hal itu cukup umum dilakukan karna bisa mengurangi rasa mual serta muntah disebut juga morning sickness.

5. Dapat Mengoptimalkan Zat Besi Bagi Tubuh

Pada hakikat nya ibu hamil sangat membutuhkan banyak asupan - asupan dari zat besi, umum nya zat besi itu dibutuhkan adalah sekitar berkisar 60 mg sesuai pada anjuran dokter. Selain itu, ibu hamil pun wajib memperbanyak konsumsi sayur -sayuran serta daging supaya zat besi di dalam tubuh akan tercukupi. Dan bisa pula mengonsumsi buah - buahan mengandung vitamin C yang banyak yaitu macam buah jeruk,buah mangga,buah leci. Buah ini sangat baik untuk pengoptimalan ataupun penyerapan zat besi yang lebih baik bagi di dalam tubuh. Menurut penelitian vitamin C di dalam buah leci mampu mempercepat penyerapan zat besi di dalam tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Pada Tulang

Buah leci sendiri di karunia mineral sangat tinggi yaitu berupa kalium, dimana kalium itu juga mempunyai manfaat dapat menjaga kesehatan pada tulang. Hal ini akan bisa dapat membantu meringankan gejala sakit di pinggang dan kerap terjadi pada saat waktu kehamilan berlangsung.

7. Mengurangi Kontraksi Saraf & Otot

Hal sering kerap muncul atau ada pada saat kehamilan adalah nyeri kram di perut, atau kontarksi di otot sampai rahim. Hal ini tersebut umum atau sering terjadi. Untuk mengurangi dampak nya ibu hamil di wajibkan memperbanyak mengkonsumsi makanan dan minuman dengan mengandung kalsium atau bisa didapati oleh sumber hewani dan nabati yang seperti susu,daging dan juga buah - buahan serta sayur - sayuran. Dikarenakan kalsium bisa mampu mengurangi dampak kram di perut dan mengontrol tekanan darah sampai detak jantung ibu hamil.

Perlu diingat, semua nya yang berlebihan tidaklah baik sama hal nya dengan buah leci. Akhir - akhir ini buah leci diketahui memiliki bahaya bagi ibu hamil, apa bahaya nya simak berikut ini...


Buah nanas dikalim paling cepat membuat ibu hamil keguguran. Padahal, bukti nya pun jarang terjadi di kehidupan nyata.

Justru setelah diteliti para ahli yaitu makan buah leci terlalu berlebihan bisa menyebabkan keguguran. Karena ada satu senyawa yang menjadi pemicunya.
Dilansir Boldsky pada tahun 2017 lalu. Dibuah leci sendiri memiliki ternyata yang membuat keguguran, namun malah buah leci bisa membuat keguguran. Buah leci bisa dapat membuat perdarahan pada Miss V yang akan membuat keguguran pada ibu hamil.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah