Klasifikasi Dan Morfologi Padi

Klasifikasi Tanaman Padi (Oryza Sativa L.) dan Morfologi
Padi merupakan makanan pangan utama masyarakat Indonesia, yang mana masyarakat Indonesia. Tanaman padi sendiri biasa ditanam di areal lahan yang subur dan basah yang biasa dikenal dengan sawah. Areal sawah sendiri harus selalu dialiri air, sehingga padi tidak akan tumbuh subur jika kekurangan air. Dengan kemajuan teknologi dan penelitian masa kini, tanaman padi pun kini telah dapat ditanami pada areal yang cukup lembab saja, tidak  perlu memiliki air yang banyak, sehingga kebutuhan air sendiri dapat terpenuhi walau dalam kondisi debit air yang ada sedang sedikit.
Kali ini Sumber Ajaran akan membahas mengenai klasifikasi Tanaman Padi dan morfologinya, berikut klasifikasi tanaman padi yang dalam bahasa latin disebut Oryza Sativa L.

KLASIFIKASI
Kingdom
:
Plantae
Sub Kingdom
:
Viridiplantae
Infra Kingdom
:
Streptophyta
Super Divisi
:
Embryophyta
Divisi
:
Tracheophyta
Sub Divisi
:
Spermatophytina
Kelas
:
Magnoliopsida
Super Ordo
:
Lilianae
Ordo
:
Poales
Famili
:
Poaceae
Genus
:
Oryza L.
Spesies
:
Oryza Sativa L.

Apa itu Morfologi?

Morfologi adalah ilmu yang mempelajari tentang organ-organ tumbuhan, bentuknya serta fungsi dari setiap bagian organ tumbuhan. Morfologi pada tanaman memiliki peran penting pada hasil produktivitasnya.

Morfologi Gabah Padi

Gabah merupakan beras yang masih terbungkus oleh sekam yang merupakan kulit penutupnya sehingga sebelum dibersihkan disebut dengan Padi. Bobot gabah sendiri memiliki farian dari 12-44 mg dengan kadar air 0%. Bobot sekam padi berkisar 20% dari bobot gabah kering. Gabah sendiri terbagi menjadi 6 bagian, dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


Akar Padi

Akar merupakan bagian penting dari tanaman padi, dikarenakan akar merupakan organ atau PINTU masuk yang digunakan untuk menyerap unsur hara yang dibutuhkan tanaman padi. Akar pada tanaman padi dapat dibedakan yaitu radikula (akar primer), Akar serabut, akar rambut, dan akar tajuk.

-          Radikula : merupakan akar yang tumbuh pertama kali saat benih padi disemaikan, benih yang disemai akan berkecambah tumbuh bakal akar dan batang. Bakal akar berkembang tumbuh kebawah hingga membentuk akar tunggang.

-        Akar serabut : serabut pada akar tunggang pertama akan tumbuh setelah 5-6 hari.
-   
       Akar rambut : merupakan akar yang tumbuh pada bagian-bagian akar serabut, akar rambut tumbuh sama panjang dengan akar serabut dan berukuran lebih tipis.

-        Akar tajuk : merupakan akar yang tumbuh dari bagian ruas batang yang paling rendah, perkembangan akar ini tergantung dengan kondisi  O2 yang ada didalam tanah.
Pertumbuhan akar tanaman sendiri tergantung dengan kandungan Nitrogen didalam tanah, pertumbuhan akar akan baik jika kandungan N disekitar batang lebih dari 1%, jika tanaman kekurangan N maka daun pada tanaman akan menguning dan pertumbuhan tanaman padi menjadi kerdil.

Daun Padi

Daun padi memiliki warna hijau, dikarenakan pada daun padi memiliki zat klorofil. Dengan klorofil tanaman padi dapat mengelola sinar matahari menjadi bahan pembentuk makanan dalam proses Fotosintesis. Daun padi berbentuk helai daun, pelepah daun, telinga dan lidah daun. Pada bagian telinga dan lidah daun lah kita dapat membedakan antara daun dengan gulma ilalang.

Batang Padi

Batang padi tersusun atas beberapa ruas yang memanjang dan berongga setelah tanaman masuk fase reproduktif. Batang padi yang sehat adalah tidak terjadi rebah, dan untuk menjaga kesehatan batang maka unsur hara yang sangat mempengaruhi adalah Holoselulosa dan Kalium yang harus tercukupi unsur haranya.

Bunga Padi

Bunga pada malai padi disebut spikelet, malai terdiri 8 – 10 buku-buku yang akan menghasilkan cabang padi utama, dan dari cabang utama tumbuh cabang sekunder. Bunga padi terdiri atas :

-          Kepala sari
-          Tangkai sari
-          Palea (belahan yang besar)
-          Lemma (belahan yang kecil)
-          Kepala putik
-          Dan tangkai bunga.

Bungan padi memiliki perhiasan bunga, berkelamin ganda dengan posisi bakal buah diatas. Benang sari terdapat 6 buah, tangkai sari pendek dan tipis, kepala sari berukuran besar dan memiliki 2 kantung serbuk sari.

Buah dan Biji Padi

Biji padi atau gabah merupakan bukan biji-bijian seperti kacang, melainkan biji padi tersebutlah yang merupakan buah tanaman padi yang saat dibersihkan dari kulitnya akan menjadi beras yang siap dimakan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah