Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Secara Cepat



Terkena api atau terkena air panas dapat menyebabkan luka dan meninggalkan bekas luka. Bahkan nantinya ada beberapa komplikasi kesehatan hingga kejiwaan yang menyerang penderita luka bakar. Maka dari itu bekas luka harusnya ditangani dengan segera. Penanganan bekas luka bakar ini beragam dan tergantung dengan tingkat keparahan jenis luka bakarnya.
Jenis Luka Bakar dan Bekas yang Ditimbulkan

Umumnya bekas luka bakar ini akan terlihat mengkilap dan berwarna gelap dari warna kulit pada normalnya dan disertai dengan warna kemerahan serta pigmentasi tidak rata dan juga tekstur yang lebih tebal serta keras dari kulit normal. Penampilan luar akan terlihat lebih spsifik dibanding dalam namun tergantung dari jenisnya. Luka bakar sendiri ternyata dibagi dengan 3 tingkat yang berbeda. Tingkat 1 ini kerusakan luka bakar hanya terjadi di lapisan luar. Tingkat 2 lapisan dermis akan terserang sehingga akan merusak kulit. Nantinya luka ini akan membekas dan membutuhkan waktu yang lama untuk hilang. Untuk tingkat 3 kerusakannya mencapai tulang otot serta saraf di sekitar luka. Dan nantinya kulit yang terkena luka bakar akan berubah menjadi putih atau hitam.

Cara Menghilangkan Luka Bakar

·        Aliran Air

Kucuran air dapat  menjadi langkah utama yang dapat anda lakukan untuk mengatasi luka bakar di tingkat 1 dan 2. Anda cukup mengalirkan air ke area kulit yang terkena luka lalu tunggu hingga 20 menit dan cuci dengan sabun yang memilki tekstur lembut dan bilas kembali menggunakan air.

Hindari menempel es batu dengan langsung ke area luka bakar anda sebab kondisi ini dapat memperparah kondisi luka bakar dan menyebabkan jaringan di area kulit menjadi rusak. Meski begitu anda dapat menggunakan es batu dengan cara membungkusnya dengan kompres tebal. Gunakanlah handuk yang bersih dan higienis.

·        Salep Antibiotik dan Obat Nyeri

Krim serta salep antibiotik dapat membantu untuk mencegah infeksi terhadap bakteri yang mana nantinya anda dapat mengoleskan di luka bakar dan menutupi luka dengan perban atau kain agar area luka tetap steril.
Selain salep anda dapat minum obat pereda nyeri seperti paracetamol guna mengurangi rasa nyeri di area luka bakar.

·        Gel Lidah Buaya

Lidah buaya efektif untuk menyembuhkan luka bakar tingkat 1 dan 2 sebab lidah buaya memiliki kemampuan melancarkan sirkulasi darah dan dapat menghambat pertumbuhan bakteri serta mempunyai zat inflamasi yang baik.

Anda dapat mendapatkan langsung dari potongan tanaman lidah buaya atau membeli gel lidah buaya di apotik. Anda harus mencari lidah buaya yang bebas dari alkohol atau parfum. Oleskan gel di sekitar luka bakar yang usianya 2 hingga 3 hari. Saat mengoleskannya hindari luka bakar terbuka untuk mencegah adanya infeksi.

·        Tabir Surya

Area kulit yang belum lama terbakar rentan iritasi akibat paparan sinae mentari. Oleh karena itu anda dapat mengoleskan tabir surya yang memiliki kandungan SPF 30 ke area luka bakar unuk perlindungan kulit baru yang akan tumbuh.

Anda juga dapat menggunakan lotion lain yang memiliki kandungan anthistamin yang dapat anda mengoleskan untuk meredakan rasa gatal selama proses  menyembuhkan luka bakar. Namun hindari menggunakan lotion ini jika luka anda disertai dnegan koreng.

Demikian artikel tentang cara menghilangkan bekas luka bakar secara cepat, semoga artikel ini membawa manfaat bagi anda. Terimakasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah