Manfaat Sehat dari Kurma,Apa Saja?


Bulan Ramadan kina sudah hadir. Mungkin sebagian besar orang sudah memilih camilan khas atau hidangan buatan rumah sebagai menu berbuka puasa. Salah satunya juga buah kurma.

Kepopuleran buah berwarna cokelat tua dengan rasa manis ini meningkat tajam selama bulan Ramadan. Lebih dari 2.000 varian kurma dikonsumsi oleh seluruh dunia. Namun, tahukah anda bahwa nutrisi buah kurma sangat berlimpah? Dalam 4 butir kurma saja, terkandung 668 mg potassium, 6,4 gr serat, 266 kalori, 64 gram gula, magnesium, dan vitamin B6. Untuk setiap porsi nya, ada manfaat sehat yang akan anda bisa rasakan.

Berikut ini manfaat - manfaat sehat kurma...

1. Menurunkan risiko stroke


Dilansir oleh theheartysoul.com, stroke merupakan penyebab kematian keempat di Amerika Serikat. Setiap tahunnya, sekitar 800.000 orang mengalami penyakit stroke, serta 130.000 orang meninggal akibat dari penyakit ini. Beruntung, kandungan 696 mg potassium di buah kurma bermanfaat memerangi risiko stroke.

2. Pemangkas kadar kolesterol


Mengonsumsi kurma dapat membantu mengurangi kadar kolesterol pada tubuh anda. Caranya yaitu, berkat kandungan serat nya, kurma mengandung sekitar 6,7 gram serat per porsi 100 gram atau sekitar 27% dari asupan harian serat direkomendasikan.

Inilah sebab nya kurma dijuluki sebagai buah beta-glucan, yaitu sumber serat larut serta dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Buah bersifat beta-glucan memiliki zat dapat melekat pada kolesterol serta mencegah kolesterol untuk diserap dari tubuh.

3. Baik untuk penderita anemia


Kurma tak hanya praktis untuk dikonsumsi, tetapi juga kaya zat besi. Terdapat sekitar 0,9 mg zat besi di dalam sekitar 100 gram kurma. Jumlah ini memenuhi 11% dari asupan harian zat besi dari disarankan. Tentunya ini kabar baik untuk anda yang penderita anemia. Hanya cukup menikmati beberapa butir kurma, kondisi tekanan darahmu bisa kembali ke tingkat normal.

Kamu bebas mengonsumsi buah kurma ini, asalkan jumlah nya tidak berlebihan. Buah kurma pun jadikan sebagai bagian dari camilan sehat andalan menambah vitalitas tubuh. Selamat menikmati baiknya manfaat sehat dari kurma di bulan puasa. Sekian semoga bisa bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah