7 Tips Lolos Beasiswa LPDP yang Terbukti Ampuh

Beasiswa LPDP merupakan beasiswa yang kini menjadi primadona bagi pemburu beasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang Master atau Doctor di dalam negeri atau luar negeri. Puluhan ribu orang mendaftar beasiswa ini setiap tahunnya. Dan tidak mengherankan jika syarat dan juga saingan untuk mengikuti beasiswa ini begitu ketat. Sebab penerima beasiswa ini merupakan yang terbaik diantara terbaik.

Dan apakah anda juga mengincar beasiswa ini? Jika iya maka anda harus memiliki rencana yang amatang untuk memperoleh beasiswa ini. Simak saja artikel ini saya akan memberikan tips dan trik untuk anda.



1.     Milki Tekad Kuat

Anda harus memiliki tekad yang kuat sebab. Tekad kuat ini akan mendorong usaha yang anda lakukan. Dan usaha ini merupakan investasi bagi anda bukan pengorbanan. Sebab nantinya ada hal yang harus anda bayar untuk mewujudkan mimpi dan juga cita – cita. Ingat sukses tidak dapat anda dapat dalam waktu satu malam.
Maka miliki tekad yang kuat agar nantinya anda dapat menghadapi tantangan dan rintangan. Sebab perjuangan anda nantinya akan keras dan besar. Jika anda sudah memiliki prinsip maju terus pantang mundur maka anda sudah memenuhi poin satu ini.

2.     Penuhilah Syarat Seleksi Administratif

Seleksi awal beasiswa LPDP ialah melengkapi syarat – syarat administratif. Untuk persiapan administratif ini anda harus menyiapkan jauh – jauh hari ya. Untuk dapat lolos di tahap ini anda dapat mengupload dokumennya 2 – 3 minggu sebelum deadline untuk menghindari sistem down atau eror.

3.     Tentukan Pilihan Jurusan

Sebaiknya jurusan yang anda ambil linear, namun jika anda ingin lintas jurusan it’s okay. Namun jelaskan dengan baik di essay study plan dan kuatkan alasan mengapa anda ingin mengambil jurusan tersebut.
Dan juga jurusan yang anda ambil harus jelas dan bermanfaat bagi masyarakat. Dengan begini pihak LPDP akan  semakin yakin pada anda.

4.     Tentukan Universitas yang Dituju

Untuk memilih kampus ada baiknya anda memperhatikan apakah kampus yang anda tuju ini menyediakan disiplin ilmu yang anda inginkan. Dan apakah nantinya cukup membantu rencana aplikasi ilmu anda kedepannya.

5.     Tingkatkan Toefl dan Ielts

Tes Toefl dan Ielts merupakan syarat beasiswa LPDP dan juga universitas yang anda idamkan. Sebab masing – masing universitas pastinya memiliki ketentuan skor Toefl atau Ielts yang berbeda. Untuk itu jika anda ingin menerima beasiswa LDDP pastikan anda sudah menyiapkannya dengan kursus berbulan –bulan demi mendapat skor yang  telah ditentukan. Biasanya untk skor Toefl rata – rata ialah 550.

6.     Persiapkan Sertifikasi Bahasa dan LoA

Sertifikasi bahasa dan LoA ini merupakan optimalisasi dokumen yang mana jika tidak anda cantumkan tidak ada larangan namun dapat memperbesar kesempatan diterima. Ikuti les bahasa dan tes untuk mendapat LoA.
Sebab sertifikasi bahasa dan LoA ini akan menjadi nilai plus bagi anda untuk diterima oleh pihak LDDp dan juga universitas tujuan. Persiapan yang  dilakukan secara matang akan membuahkan hasil yang memuaskan.
7.     Doa

Jangan lupa setelah apply beasiswa pastikan anda berdoa kepada Tuhan agar dimudahkan . Sebab kekuatan doa sangat manjur sekali yang nantinya akan memudahkan jalan anda.

Demikian artikel tentang 7 tips lolos beasiswa LPDP yang terbukti ampuh. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam meraih beasiswa impian. Aamiin.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah