Apa, Fase, Gejala, Penyebab, Obat, Mengatasi Bipolar Disorder


Bipolar Disorder: Apa Artinya?


Gangguan bipolar, sebelumnya disebut manic depression, adalah penyakit mental yang melibatkan penderitanya yang memiliki setidaknya satu maniak (suasana hati yang terlalu bersemangat atau mudah tersinggung) atau episode hampir mania (hypomanic). Perubahan suasana hati kondisi ini dapat berlangsung selama berminggu-minggu sekaligus dan menyebabkan masalah kerja dan hubungan yang signifikan. Penyakit ini mempengaruhi hingga 5% orang dewasa di Amerika Serikat, baik pria maupun wanita di segala umur


Gejala fase depresi


Gejala-gejala depresi yang mungkin dialami dalam gangguan bipolar adalah gejala-gejala depresi utama, termasuk kesedihan, iritasi, keputusasaan, dan peningkatan atau penurunan nafsu makan, berat badan, atau tidur. Depresi bipolar dapat menyebabkan penderita menginginkan, merencanakan, atau mencoba bunuh diri atau orang lain.


Gejala Fase Maniak


Gejala maniak gangguan bipolar dapat mencakup penderitanya yang memiliki perasaan kesejahteraan atau kemampuan yang sangat berlebihan, pikiran cepat, tidur menurun, dan ucapan yang cepat sampai sulit dipahami. Individu maniak juga dapat terlibat dalam aktivitas yang tidak sopan seperti perilaku seksual yang berlebihan.

Bipolar I vs. Bipolar II


Untuk menerima diagnosis gangguan bipolar I, seseorang harus mengalami setidaknya satu episode maniak penuh besaran dalam hidup mereka. Individu dengan gangguan bipolar II mengalami setidaknya satu episode hipomaniak, di mana mereka memiliki gejala yang kurang parah daripada gejala mania sepenuhnya.

Bipolar Campuran


Banyak orang dengan gangguan bipolar juga memiliki campuran yang terkait dengan perubahan suasana hati mereka. Ini melibatkan mengalami gejala depresi selama episode maniak atau hypomaniac.

Penyebab Bipolar Disorder


Meskipun tidak ada penyebab tunggal gangguan bipolar telah diidentifikasi, ada sejumlah faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan penyakit ini. Penurunan aktivitas berbagai bagian otak telah diamati ketika individu dengan gangguan bipolar mengalami episode depresi atau maniak.

Bipolar Disorder: Siapa Berisiko?


Gejala gangguan bipolar cenderung memiliki dua puncak ketika mereka mulai: antara 15-25 dan dari 45-54 tahun. Faktor risiko lain untuk gangguan bipolar termasuk memiliki riwayat keluarga dekat depresi atau gangguan bipolar (gangguan suasana hati) atau riwayat keluarga gangguan penyalahgunaan zat.


Gangguan Bipolar dan Kehidupan Sehari-hari


Gejala-gejala gangguan bipolar dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk bekerja, mencapai di sekolah, dan memelihara hubungan. Orang-orang dengan gangguan ini juga berisiko mengalami masalah kesehatan dan mental lainnya.

Penyalahgunaan Bipolar Disorder dan Substance


Memiliki gangguan bipolar dapat meningkatkan kemungkinan penderita mengembangkan masalah penyalahgunaan zat dari 22% menjadi lebih dari 50%. Beberapa orang dengan gangguan bipolar mungkin minum untuk mematikan gejala maniak atau depresi mereka, perilaku yang sering disebut sebagai mengobati diri sendiri.


Bipolar Disorder dan Bunuh Diri


Hingga 10% dari orang-orang dengan gangguan bipolar melakukan bunuh diri, 10 kali risiko orang-orang yang tidak memiliki gangguan mental kesehatan. Tanda-tanda yang mungkin seseorang berencana untuk bunuh diri termasuk memberikan barang-barang dan jika tidak menempatkan urusan dalam rangka. Siapa pun yang telah merencanakan atau mencoba bunuh diri harus segera dibawa ke ruang gawat darurat rumah sakit terdekat.

Mendiagnosis Gangguan Bipolar


Ketika profesional kesehatan mental menilai seseorang untuk gangguan bipolar, mereka mengumpulkan sejarah rinci dan melakukan pemeriksaan status mental. Sejarah akan mengeksplorasi kemungkinan bahwa gejala seseorang disebabkan oleh kondisi medis seperti masalah neurologis atau endokrin, efek samping obat, atau paparan racun. Profesional juga akan mencari untuk membedakan gejala gangguan bipolar dari masalah kesehatan mental lainnya, seperti gangguan penggunaan zat, depresi, kecemasan, atau skizofrenia.

Obat untuk Bipolar Disorder


Obat-obatan adalah bagian yang penting dan efektif dalam mengobati gangguan bipolar dan termasuk penstabil mood, antipsikotik, dan obat antiseizure. Semua obat-obatan ini telah ditemukan untuk membantu bahkan keluar dan mencegah perubahan suasana hati yang diderita oleh orang-orang gangguan bipolar. Obat antidepresan dapat memicu perubahan suasana hati pada orang dengan gangguan ini.

Terapi Bicara untuk Bipolar Disorder


Ketika dilakukan bersamaan dengan pengobatan, terapi bicara (psikoterapi) dapat secara signifikan membantu mencegah kekambuhan depresi atau mania gangguan bipolar, serta mengurangi gejala dan masalah yang disebabkan oleh gejala-gejala ketika mereka terjadi. Terapi perilaku kognitif berusaha membantu individu mengubah cara berpikir dari cara berpikir yang merusak diri ke cara berpikir yang lebih produktif. Terapi berfokus keluarga menggunakan pendidikan kesehatan mental, meningkatkan komunikasi, dan keterampilan pemecahan masalah bagi individu yang mengalami gangguan bipolar dan keluarga mereka.

Tips Gaya Hidup untuk Bipolar Disorder


Seperti halnya gangguan mental lainnya, perawatan diri yang baik adalah bagian penting untuk mendapatkan hasil optimal dari terapi bicara dan obat-obatan. Orang dengan gangguan bipolar harus bekerja untuk tidur setidaknya delapan jam per malam, berolahraga teratur, menjaga nutrisi yang baik, dan menghindari penyalahgunaan alkohol atau narkoba. Ketika orang-orang yang mengalami gangguan bipolar belajar tanda-tanda peringatan mereka untuk permulaan episode manik atau depresi, mereka lebih mampu mencegah perubahan suasana hati.

Terapi Elektrokonvulsif (ECT)


Terapi Electroconvulsive (ECT) dapat menjadi pengobatan yang sangat efektif untuk kondisi gangguan bipolar (depresif, manik, atau campuran) dan melibatkan induksi kejang dengan mengirimkan arus listrik melalui bagian otak. ECT dapat meredakan gejala kepada orang-orang yang belum menerima bantuan dari psikoterapi atau obat-obatan. Ini juga bisa menjadi perawatan perawatan yang efektif, mencegah perubahan suasana hati dari kembali.


Peran Teman dan Keluarga


Mengingat peran penting anggota keluarga dapat bermain dalam pemulihan dan kemajuan jangka panjang dari orang yang mereka cintai dengan gangguan bipolar, mendidik anggota keluarga dan membantu mereka meningkatkan komunikasi dan keterampilan memecahkan masalah adalah bagian penting untuk meningkatkan kehidupan orang-orang dengan gangguan ini.


Ketika Seseorang Membutuhkan Bantuan


Jika Anda khawatir seorang anggota keluarga atau orang yang dicintai mungkin menderita gangguan bipolar, bicaralah secara terbuka dengan mereka dan mencari bantuan dari profesional perawatan kesehatan tepercaya. Seringkali, mendidik orang yang Anda cintai bahwa banyak orang yang memiliki gangguan ini menjalani kehidupan yang sangat produktif, memuaskan dengan pengobatan dapat pergi jauh ke arah membantu mereka menerima bantuan untuk diri mereka sendiri.

Itulah ulasan lengkap seputar Apa, Fase, Gejala, Penyebab, Obat, Mengatasi Bipolar Disorder, semoga dapat mudah dipahami serta bermanfaat untuk kita semua. Sekian terimakasih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah