Minum Kopi Anti Kanker Hati?


Minuman ini memiliki cita rasa sungguh nikmat serta mantap, maka sangat mungkin peminat nya tidak sedikit. Cukup banyak orang ketagihan minum kopi akan tetapi mengkonsumsi kopi secara berlebihan disebut-sebut akan memberikan banyak kerugian untuk kesehatan. Dalam sebuah penelitian terbaru justru menunjukkan fakta jika konsumsi kopi ternyata dapat memberikan manfaat kesehatan berupa mencegah kanker hati. Lalu, bagaimana sih kok bisa terjadi?

Para pakar peneliti berasal dari University of Southampton, Inggris serta University of Edinburgh, Skotlandia menemukan khasiat kopi ini. Para peneliti ini menganalisa data dari 26 riset melibatkan setidaknya 2,25 juta orang bahkan menemukan fakta bahwa dibandingkan dengan mereka yang tak pernah mengkonsumsi kopi, mereka suka minum kopi secangkir sehari akan menurunkan resiko terkena kanker hati (hepatocellular cancer) hingga 20% lebih rendah. Bagi mereka suka mengkonsumsi kopi dalam 2 cangkir sehari, maka resiko ini bisa lebih rendah 35%. Bahkan, jika anda meminum 5 cangkir kopi setiap hari nya, resiko terkena kanker ini bisa menurun 50%. Fakta ini bahkan berlaku bagi mereka suka menikmati kopi tanpa kafein meskipun memang khasiatnya tak akan sebaik kopi berkafein.

Ketua dari penelitian yaitu dr. Oliver Kennedy, menuturkan bahwa walaupun meminum kopi dalam skalah jumlah banyak dapat mencegah kanker hati lebih baik, ada baiknya kitapun tak mengkonsumsinya secara berlebihan juga karena malah akan memberikan banyak dampak negatif bagi kesehatan diri kita.

Para pakar kesehatan lainnya pun terlibat dalam penelitian ini, yaitu salah satu nya Profesor Peter Hayes, menyebut jika mengkonsumsi kopi dilakukan secara rutin, maka kita dapat menurunkan resiko kanker hati atau sirosis hati. Perlu diingat, hanya saja sebaiknya kita mengkonsumsi kopi tanpa campuran bahan lainnya supaya bisa mendapatkan manfaat nya. Jika kita menambahkan susu, gula, atau bahkan krimer, maka manfaat dari kopi justru berkurang meskipun rasanya memang semakin menjadi lebih nikmat.

Begitulah ulasan dari para pakar kesehatan mengenai minum kopi anti kanker hati, sebenarnya bukan anti hanya saja dapat mencegah hingga resiko dari separuh nya saja. Belum ditemukam zat kopi seratus persen anti kanker hati. Semoga bisa bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah