5 Tips Cara Menjaga Berat Badan Ideal Pasca Diet


Jika anda sudah berhasil menurunkan berat badan dan ingin mempertahankannya tentu saja bukan perkara yang mudah. Terlebih jika anda melupakan kebiasaan – kebiasaan  baik yang telah di lakukan saat menurunkan badan.

Dan untuk anda yang sudah memiliki berat badan ideal maka harus tetap di pertahankan agar tetap sehat bugar. Sama halnya bagi anda yang sudah sukses menurunkan berat badan maka anda harus mempertahankan berat badan ini agar tidak naik kembali. Untuk anda yang ingin tahu apakah berat badan yang anda miliki saat ini ideal atau tidak maka anda dapat menggunakan kalkulator penghitung BMI.

Rintangan terberat saat mempertahankan berat badan ideal ialah godaan yang kerap kali muncul dengan gaya hidup tidak sehat. Contohnya saja kebiasaan makan tidak teratur, malas olahraga dan malas melakukan aktivitas sehat lainnya.

Agar anda tidak kesulitan dalam menjaga berat badan ideal maka disini saya akan membagikan cara mempertahankan berat badan ideal yang efektif dan mudah dilakukan.

1.     Motivasi

Motivasi merupakan sesuatu yang sangat sering dilupakan kebanyakan orang. Padahal motivasi ini dapat memberikan dampak yang baik terhadap kemauan yang anda miliki saat mempertahankan berat badan.
Dengan motivasi yang tinggi anda akan semangat untuk menjaga berat badan dan tidak malas untuk olahraga. Dan juga nantinya anda tidak akan mengkonsumsi makanan sembarangan. Jadi tentukan motivasimu saat ini juga.

2.     Pastikan Tahu Jumlah Kalori yang Kamu Konsumsi Setiap Hari

Hitunglah kalori yang tepat setiap anda akan mengkonsumsi makanan, memang terdengar ribet dan merepotkan. Namun berbagai makanan yang sekiranya dapat menjadi sumber kalori harus anda ketahui dengan pasti. Hal ini merupakan cara simple untuk membatasi kalori yang anda konsumsi.

Beberapa makanan yang mengandung banyak kalori salah satunya ialah : Nasi putih, pasta atau makanan olahan yang lain seperti burger dan pizza. Makanan- makanan di atas harusnya anda hindari jika anda tidak ingin angka di timbangan ikut naik.

3.     Makanan Sarapan

Peneliti menunujukan jika sarapan dapat membantu kita mengendalikan berat badan secara baik. Meski banyak diantara kita yang berpikir jika sarapan di pagi hari ini dapat membuat badan menjadi gemuk. Hal ini salah besar sebab sarapan ini dapat menangkal rasa lapar yang terjadi di siang hari dan mencegah anda makan siang berlebih. Untuk sarapan anda dapat memilih makanan sehat, seperti halnya pisang atau sayur segar.

4.     Aktif Gerak

Setiap harinya anda harus melakukan 1 jam aktivitas atau kegiatan untuk olahraga yang dapat membakar kalori. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging atau bersepeda. Lakukan olahraga ini secara rutin agar tubuhmu tetap sehat dan ideal.

5.     Jangan Lupa Cek Berat Badan

Anda harus tahu berapa berat badan yang ideal, maka dari itu wajib bagi anda yang ingin berat badannya tetap ideal memiliki timbangan badan. Sebab dengan timbangan badan anda akan tahu kapan waktunya menaikan berat badan dan menurunkannya kembali. Anda harus menegecek berat badan dengan rutin.

Demikian artikel kesehatan yang berjudul 5 tips cara menjaga berat badan ideal pasca diet. Untuk anda yang diet jangan lupa untuk melakukan variasi makanan agar tidak monoton dan juga anda harus mengenali kebutuhan kalori dengan baik agar anda tidak mengalami gagal diet.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah