7 Cara Mencegah penyakit Jantung

Sehat Itu Mahal
Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian. Tercatat 17,5 juta orang meninggal terserang penyakit kardiovaskular. Artinya angka ini mencapai 31 persen dari angka kematian seluruh dunia.
Lebih dari ¾ kematian yang ada di negara berkembang disebabkan oleh kardiovaskular. Bagi anda yang tidak ingin terkena penyakit ini maka terapkanlah gaya hidup sehat.
Di bawah ini merupakan tujuh cara mencegah penyakit jantung :
1.     Jauhilah Rokok

Merokok merupakan salah satu faktor risiko yang signifikan untuk mengembangkan dan memperbesar adanya risiko penyakit jantung.
Bahan kimia yang ada di tembakau dapat menyebabkan pembuluh darah anda pecah serta penyempitan arteri akibat adanya penumpukan plak. Penumpukan plak inilah yang dapat menyebabkan serangan jantung anda.

2.     Olahraga 30 Menit Rutin Setiap Hari

Aktivitas fisik yang anda lakukan dapat mengendalikan berat badan dan juga dapat membuat tekanan jantung anda menjadi normal. Selai n itu aktivitas fisik seperti berlari 30 menit setiap hari ini dapat mengurangi resiko terkena tekanan darah rendah, kolestril dan juga diabetes.

Umumnya anda harus melakukan olahraga yang ringan dahulu seperti yang saya katakan diatas dengan lari minimal 30 menit atau olahraga setiap hari minimal 10 menit. Namun anda melakukan aktivitas ini secara rutin agar memberi dampak yang baik bagi tubuh.

3.     Konsumsi Makanan Sehat
 Anda harus mengkonsumsi makanan sehat untuk menjaga kesehatan jantung anda. Anda dapat melakukan diet sayuran, biji – bijian yang nantinya dapat melindungi jantung anda. Selain itu hindari mengkonsumsi terlalu banyak garam dan gula pada makanan anda.

4.     Pertahankan Berat Badan Ideal dan Sehat

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat menyebabkan kondisi atau resiko anda terkena penyakit jantung. Sebab adanya sindrom metabolik atau kombinasi lemak di sekitar perut anda ini juga meningkatkan resiko adanya serangan penyakit jantung. Anda dapat melihat berapa berat badan ideal yang seharusnya anda miliki dengan menghitung indeks masa tubuh ( BMI )

5.     Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Kurang tidur dapat membuat anda lemas dan menguap sepanjang hari dan hal ini tentunya dapat membahayakan kesehatan anda. Orang yang memilki waktu tidur kurang memiliki resiko terkena penyakit jantung lebih tinggi.
Orang dewasa memerlukan waktu 7 hingga 9 jam tidur setiap malamnya. Salah satu tanda jika anda memiliki waktu tidur yang cukup dengan merasa segar kembali saat bangun tidur.

6.     Mengelola Stress

Beberapa orang dapat mengatasi rasa stressnya dengan cara yang tidak sehat seperti minum beer, merokok atau makan secara berlebih. Anda dapat mengelola stress dengan hal yang positive dan menyehatkan tubuh dengan melakukan olahraga atau latihan relaksasi yang kiranya nanti dapat menyehatkan bagi tubuh dan juga jantung anda.

7.     Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Dengan Teratur

Tekanan darah tinggi dan juga kolestrol tinggi dapat merusak jantung dan juga pembuluh darah anda. Namun tanpa tes anda tidak akan mengetahui apakah anda memiliki tekanan darah yang tinggi. Maka lakukanlah cek kesehatan untuk memantau kesehatan anda dan mengantisipasi hal – hal yang tidak di inginkan.Untuk menjalani tes tekanan darah anda setidaknya mengeceknya secara rutin minimal dua kali dalam setahun.

Demikian artikel yang memiliki judul 7 cara mencegah penyakit jantung ini semoga bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk menjaga  kesehatan anda karena kesehatan ini sangat penting sekali bagi anda. Terimakasih sudah membaca artikelnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah