CARA BUDIDAYA BUAH LENGKENG DI POT


Bertanam buah lengkeng atau kelengkeng yang kita kenal di media pot caranya tentu berbeda dibanding bertanam di atas tanah halaman serta kebun. Butuh trik tersendiri untuk menanam dalam media pot supaya tanaman tumbuh subur, meskipun media tanam dan hara terbatas.

Kelengkeng sangat digemari dari banyak kalangan karna rasa yang manis serta mempunyai aroma khas dan hal ini membuat semakin nikmat rasanya. Pada daging buah lengkeng beraneka dari tebal serta tipis alias lebih besar biji. Ciri dari pohon kelengkeng tak terlalu tinggi namun memiliki daun cukup lebat. Buah dari tanaman nya biasa berada diujung ranting.

Berikut ini step by step menanam kelengkeng di pot :

1. Langkah awal, persiapkan pot plastik diameter berukuran 45 - 50 cm. Pastikan pula dibuat beberapa lubang dibagian bawah pot.

2. Letakkan pecahan genting bisa juga dari bata merah tebal berkisar 5 cm di dasar pot.  tujuan dari ini supaya dapat mengalirkan air siraman.

3. Kemudian masukkan bahan yaitu campuran tanah, pupuk kandang, serta pasir ataupun sekam mentah dalam perbandingannya adalah 1 : 2 : 1 sampai ketinggian dari setengah ukuran pot.  (dari perbandingnya maksudnya supaya jelas. Jika tanahnya 1 sekop, maka pupuk kandangnya harus 2 sekop serta pasir atau sekam mentahnya 1 sekop.)

4. Lalu, masukkan bibit pohon lengkeng tepat berada tengah pot, kemudian tambahkan lagi media tanam sampai mendekati dari bibir pot.

5. Siramlah menggunakan air sampai air keluar dari bawah pot. selanjutnya, letakkan tanaman lengkeng di tempat ternaungi atau juga tempat tteduh selama beberapa waktu.

Berikut ini teknik yang bisa ditempuh oleh anda yang ingin buah nya berbuah lebat, yaitu...

1. Memangkas

Disarankan untuk dipangkas supaya buah dihasilkan bisa rindang alias tidak tinggi pada saat tajuk pertama muncul.

2. Menyiram

Perlu diingat cara menyiram pun haruslah benar, karna volume media tanam nya tak banyak. Jadi, perlu dua hari sekali diharuskan menyiram sampai airnya pada keluar dari bagian bawah pot.

3. Pupuk

Gunakanlah selalu pupuk kandang sebab hasilnya lebih baik dan pohon tumbuh subur. Siram dengan air sampai tanah benar-benar basah. Hal ini akan membuat daun muda cepat tumbuh, sehingga cepat berbunga.

4. Ganti Media

Masa produktif tabulampot kelengkeng ialah usia 3 - 10 tahun. Supaya tetap produktif selama masa itu, setidaknya setahun sekali ganti media tanam nya biar tidak keras, ataupun beri pupuk kandang.

5. Cangkok

Jika tabulampot telah tinggi serta besar bisa untuk dicangkok agar dijadikan beberapa tanaman baru.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah