CARA MENANAM MENGKUDU DI POT



Tanaman buah mengkudu dikenal dengan nama lain yaitu buah noni / buah pace yang termasuk tanaman obat sering banyak digunakan. Produk olahan dari tanaman buah matangnya berciri beraroma menyengat telah banyak beredar dijadikan bentuk obat herbal. Kandungan yang ada pada buah dengan permukaan kulit nya bertotol - totol berbentuk lingkaran kecil ini bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Selain dari keperluan obat herbal pada manusia, banyak juga peternak ikan mengaplikasikan herbal ini pada kolam nya.

Perkecambahan Yang Lama
Saat anda mencoba untuk menyemai biji tanaman mengkudu, setelah beberapa hari kemungkinan akan segera mengira biji yang telah disemai tidak tumbuh alias gagal berkecambah. Harap anda sabar dulu. Biji mengkudu dengan tekstur kulit keras ini meskipun berasal dari buah telah masak sekalipun memang lumayan lama berkecambah. Tanpa perlakuan khusus, dari sampel biji yang telah disemai tumbuh dengan kurun waktu 30 hari sampai 40 hari sebagian biji malah bisa tumbuh lebih lama.
Berikut Cara Penanaman
Di media tanah pekarangan ataupun kebun pokok tanaman ini dapat tumbuh cukup besar. Batang tanaman bisa tumbuh besar hingga cukup tinggi sampai 3 - 4 meter. Untuk itu ukuran pot yang digunakan harus disesuaikan. Dapat digunakan pot dengan ukuran minimal 40 - 50 cm. Sediakan media tanam subur  atau cukup gembur. Campuran tanah pekarangan rumah atau pupuk kandang dan kompos bisa menjadi pilihan. Tanaman mengkudu tidak susah dalam media tanam. Terbukti banyak ditemukan pohon mengkudu liar di pinggiran sungai ataupun menempel di pagar bata dengan tanah miskin yang terbatas unsur haranya.

Dari pengamatan pada tanaman mengkudu liar, buah telah mulai terlihat pada ketinggian pohon berkisar 1,5 meter batang pohon dan terlihat masih muda ukuran pun tidak terlalu besar.

Dengan waktu kurang dari satu bulan saat telah dipindahkan ke pot, tanaman mengkudu sudah mulai belajar berbunga . 3 titik bunga mulai muncul pada saat daun paling bawah berubah warna menjadi kuning disertai mengering. Tinggi pohon 1 meteran. Termasuk cepat berbunga karna bibit ditanam telah berukuran cukup besar.

Meski tumbuh pada media yang terbatas namun mampu berbuah juga. Seiring besar tanaman, kebutuhan air menjadi lebih banyak sehingga frekuensi penyiraman lebih tinggi. Pagi serta sore dilakukan penyiraman rutin agar tanaman tidak sampai layu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »