Inilah 9 Penyebab Mata Berkantong

Mata Berkantong atau Bengkak di bawah mata dapat menunjukkan beberapa masalah sekitaran mata. Bengkak di bawah mata biasa disebut sebagai "kantong mata" terjadi akibat pembengkakan dari jaringan pada sekitar mata.

Kulit sekitar mata sangatlah sensitif serta tipis. Karna itu, pada setiap pembengkakan kecil pasti dapat terlihat. Banyak kasus dari bengkak dapat hilang secara sendirinya tanpa pengobatan tertentu dan hanya cukup istirahat saja.

Namun, apa jadinya jika bengkak disertai iritasi, gatal, rasa nyeri, demam, maupun gangguan penglihatan, hal tersebut dapat menjadi tanda masalah lain di mata.

Berikut ini ialah beberapa penyebab terjadinya kantong mata, yaitu.


1. Retensi Cairan

Terjadinya perubahan horman pada tubuh saat menstruasi, kehamilan, maupun menopause dapat membuat retensi cairan di jaringan subkutan bagian bawah mata sehingga bisa memicu pembengkakan.

2. Alergi

Disaat reaksi alergi terhadap obat, polusi lingkungan, bisa juga akibat gigitan serangga akan dapat memicu kebocoran di subkutan kapiler bisa kantong mata di bawah kelopak mata serta bagian bawah mata.

3. Selulitis Periorbital

Jika bengkak ada pada bawah mata terasa lembut serta menyakitkan saat disentuh, disertai dari demam tinggi, maka patut diduga penyebabnya ialah infeksi mata dikenal sebagai selulitis periorbital.

Infeksi ini terjadi ketika terdapat kerusakan kulit sekitaran mata, infeksi sinusitis, ataupun infeksi menyebar melalui darah.

4. Gangguan Kulit

Disaat kita mengalami eksim atau psoriasis atau infeksi kulit ketika terjadi nya tepat di wajah terutama dekat mata, dapat menyebabkan kantong mata juga.

5. Pola Tidur

Tidur terlalu lama, atau juga terlalu sedikit waktunya. Merupakan pemicu umum dari kantong mata

6. Menangis

Jika anda menangis tentu mata akan terasa bengkak dan hal ini disebabkan karenan garam dalam air mata.

7. Penyalahgunaan Zat

Seringnya mengkonsumsi alkohol, narkoba, merokok bisa secara langsung membuat mata berwarna merah dan memicu bengkak bagian bawah mata.

8. Diet

Jika diet kita makanan tinggi garam hak ini bisa mendorong retensi cairan sekitaran mata sehingga membuat kantong mata.

9. Keturunan dan Umur

Individu dari riwayat keluarga telah memiliki mata bengkak sangat rentan mengalami hal serupa.

Pertambahan usia menjadi kontributor utama terhadap terjadinya kantong mata.

Itulah 9 penyebab yang sudah kami bahas, semoga bisa bermanfaat terimakasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah