Kandungan, Ciri - ciri, Khasiat Daun Dewa



Tanaman yang memiliki nama latin ( gynura divaricata ) atau yang kita kenal adalah Daun Dewa. Merupakan jenis tanaman herbal akan bisa tumbuh pada ketinggian 200 hingga 800 mdpl. Daun Dewa masuk dalam keluarga Compositae. Nama lain dari tanaman ini adalah Ngokilo, dan orang cina menyebutkan bahwa nama nya San qi cao.

Ciri-ciri tanaman daun dewa :

1. Memiliki tinggi dari 30 sampai 40 cm
2. Memiliki batang tegak
3. Batang daun pendek, lunak, berbentuk segi lima, penampang berbentuk lonjong, berambut pada sisi luar
4. Daunnya memiliki panjang nya dari 20 cm sama lebar nya 10 cm. Berbentuk bulat lonjong, berbulu halus, ujung daun lancip. Tepian daun berwarna hijau keunguan
5. Memiliki tangkai daun yang pendek
6. Memiliki bunga majemuk dan tumbuh di ujung batang, kelopak bungan berbentuk cawan warna hijau, ada benang sari berbentuk jarum warna kuning
7. Dapat berkembang biak dengan cara stek batang maupun umbi.

Bagian dari tanaman Daun Dewa yang bisa digunakan untuk pengobatan adalah bagian daun dan juga batang nya. Berikut ini kandungan dari Daun Dewa :

Saponin
Minyak astiri
Flavonoid
Tannin
Vanilat
Polifenol
Asam klorogenat
Asam p-kumarat
Asam p-hidroksi benzoate
Alkaloid dan triterpenoid
Stero, yang terakhir adalah Vitamin K.

Dan ini lah khasiat ajaib yang didapat dari Daun Dewa...
1.Mengobati Rematik
Penyakit rematik merupakan penyakit sering kebanyakan dimiliki oleh lansia, dan orang yang sudah berumur  40 tahun keatas. Rematik adalah gangguan persendian terjadi di dalam tulang sendi. Banyaknya obat rematik sudah beredar di pasaran yang menggunakan bahan dari Daun Dewa yang akan bisa mengobati rematik.

2. Mengobati Penyakit Jantung
Adapun cara yang meminimalkan resiko dari penyakit jantung secara alami, yaitu adalah dengan mengonsumsi air hasil rebusan daun dewa secara rutin.
3. Mengobati Kanker
Sifat Sitostatika di kandungan tanaman daun dewa, dapat menyembuhkan penyakit kanker. Penyakit kanker juga salah satu penyakit yang akan berdampak buruk bagi diri kita. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya kita mengonsumsi daun dewa dengan rutin setiap harinya, hal ini bisa meminimalkan resiko dari efeknya penyakit kanker tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah