4 Cara Mengatasi Mata Lelah Saat Kerja


Kelelahan pada mata umumnya terjadi karena penggunaan mata secara insten, seperti halnya membaca dan menatap layar elektronik dalam waktu yang lama juga menjadi penyebab mata lelah. Namun tenang saja anda dapat mengatasi masalah ini dengan membaca artikel di bawah ini yang membahas tentang cara mengatasi mata lelah. Cara ini tidaklah sulit untuk anda lakukan secara mandiri.

Kelelahan mata yang terjadi pada anda dapat meningkat seiring dengan penggunaan smartphone dalam perangkat digital genggam maupun layar tablet .Sebab perangkat ini digunakan sangat dekat dengan mata dibanding dengan layar elektronik  lain seperti televisi. Selain itu saat mata anda menatap layar secara dekat mata anda akan berkedip dengan insensitas yang kurang. Seharusnya anda berkedip 18 kali dalam satu menit, namun ketika menatap layar anda akan berkedip kurang dari 18 kali dan hal ini membuat mata anda akan kering dan lelah serta pandangan yang kabur. Untuk mengatasi hal ini anda dapat mempraktekan cara di bawah ini :

1.     Pilihlah Pencahayaan Ruangan
Cahaya tempat anda beraktivitas dapat membawa pengaruh bagi mata. Misalnya saja lampu  di ruangan sedikit redup dan disarankan anda menggunakan TV saja. Sebab cahaya yang terlalu terang dapat menyilaukan bagi mata yang mana nantinya dapat membuat mata lelah.
Dan sebaiknya sumber cahaya menyorot di belakang ke area tempat anda beraktivitas, terutama bagi anda yang mengerjakan sesuatu yang membutuhkan jarak pandang dekat dari titik tertentu. Anda juga dapat menggunakan lampu meja dengan posisi yang diusahakan tidak menyorot langsung ke mata. Dan aturlah posisi lampu menjadi menunduk ke bawah atau posisi lampu berada di samping wajah anda.

2.     Perhatikan Posisi Perangkat Digital

Jarak layar dengan pandangan mata disarankan minimal 50 cm atau sepanjang lengan anda. Sedangkan tingga layar sebaiknya setinggi wajah atau sejajar dengan pandangan mata. Jika tulisan yang ada di layar kurang jelas maka anda dapat menyesuaikan dengan cara memperbesar layar. Anda dapat menggunakan bangku yang tinggi untuk membantu menyesuaikan posisi layar.
Untuk menghindari mata lelah saat bekerja anda dapat menata dokumen dan meletakannya di posisi yang dekat komputer atau meja anda kerja agar nantinya anda tidak perlu menggerakan banyak leher, mata dan kepala secara sering.

3.     Istirahatkan Mata  Secara Berkala

Mata yang lelah kerap terjadi saat anda terlalu lama berkutat dengan satu aktivitas saja dengan jangka waktu yang lumayan lama. Anda dapat mengistirahatkan mata sejenak selama bekerja. Caranya setiap anda selesai menatap layar 20 menit anda dapat menatap benda yang jauhnya kurang lebih 6 meter dari tempat anda lalu alihkan kembali pandangan anda ke layar.
Saran lain ketika anda berkutat dengan aktivitas selama 1 jam maka anda disarankan untuk mengistirahatkan mata 5 menit. Cara istirahat ini beraneka ragam. Dengan memejamkan mata hingga mengelilingi area kerja unuk mengembalikan kosentrasi.

4.     Cek Kondisi Udara di Tempat Kerja

Sirkulasi udara yang buruk atau kering juga dapat menyebabkan mata lelah. Maka dari itu coba pasang alat pelembabb udara, filter debu serta aturlah suhu yang ada di ruangan. Selain itu anda juga harus mennghindari paparan asap.
Demikian artikel tentang cara mengatasi mata lelah saat kerja, saya berharap dengan adanya artikel ini anda dapat mengetahui bagaimana cara mengkondisikan mata saat kelelahan akibat kerja. Jika anda menyukai artikel ini anda dapat berkomentar di kolom komentar di bawah ini

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah