Rubella dari Pengertian, Gejala, Penanganan



  Di tahun 2017 Indonesia merebak dilanda penyakit yang bernama Rubella. Rubella sendiri adalah penyakit yang bisa dibilang adalah Campak Jerman, sesuai namanya Rubella pertama kali dilanda di Jerman. Itulah Rubella lalu apa Pengertian, Gejala, dan Penanganan nya? Mari lanjut baca agar bisa memahami nya dari Rubella

Pengertian Rubella :

Rubella adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Rubella juga dikenal sebagai penyakit yang tergolong menular dan dapat menyebabkan ruam bewarna merah pada kulit dan juga suhu badan tinggi atau demam. Virus ini bisa menyebar melalui bersin ataupun ingus orang yang telah terinfeksi nya.

Bagi sebagian orang penyakit Rubella merupakan penyakit ringan namun buat wanita hamil, Rubella akan dapat menyebabkan konsekuensi yang serius. Rubella sering terjadi untuk anak - anak, namun sejak di perkenalkan nya program vaksinasi pada saat 1980-an, penyakit jenis ini hampir keseluruhan nya telah di berantas.

Gejala Rubella :

Gejala dari virus yang satu ini ialah tanda ruam berwarna merah muda khas. Dimulai nya bintik - bintik disertai gatal, sebelum menyebar di belakang telinga kemudian mengarah kepala, leher, yang pula kemudian menjalar tubuh bagian atas. Ruam biasa nya berlangsung sampai seminggu nya. Gejala lainnya ialah adanya  pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar telinga dan juga bagian belakang kepala, badan panas hingga bersuhu 38° celcius bahkan lebih, hingga badan mulai  menggigil. Gejala lainnya namun kurang umum adalah pada orang dewasa akan mengalami arthritis dan arthralgia atau di Indonesia kan peradangan dan nyeri sendi.

Pencegahan Rubella :

Pencegahan sangat diperlukan dikarenakan agar kita terhindari dari virua paling efektif adalah dengan pemberian vaksinasi Measles, Mumps, Rubella (MMR) atau di Indonesia kan namanya Campak, Gondok, Rubella (CGR).

Jika kepada anak - anak vaksin (CGR) sebagai program vaksinasi rutin atau wajib, dosis pertaman yang diberikan dari usia 12 - 13 bulan dan dosis kedua disaat usia 3 - 5 tahun.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah