Cara Mengembangkan Budidaya Tanaman Kaktus Warna Warni



  Di Indonesia sendiri memiliki 2 iklim yaitu iklim musim hujan dan musim panas, dan Indonesia pun juga cocok untuk budidaya tanaman kaktus atau dengan nama latin ( cactaceae juss ) kaktus terkenal dengan tanaman berduri - duri kecil nya dan tanaman kaktus memiliki beragam jenis nya dan salah satu nya itu kaktus warna warni.

Kaktus jenis warna warni jarang sekali orang memiliki atau bahkan membudidayakan nya untuk itu jika kita melihat sisi pengusaha maka sektor ini cukup untung dan jika pemasaran nya tepat maka bisa menjadi usaha yang bukan lagi mikro tapi sudah makro

Berikut ini cara untuk melakukan mengembangkan tanaman kaktus warna - warni atau hias...

  1. Langkah awal persiapkan bibit kaktus hias, bibit merupakam hal utama untuk melakukan penanaman tak perlu binggung bibit kaktus dapat dibeli di toko tanaman hias. Pilihlah bibit dengan kualitas unggul tdan pilihlah bibit kaktus yang memiliki batang yang tidak mengalami memar atau cacat, memiliki duri masih sempurna, serta memiliki arah tumbuh tegak lurus. Bibit yang akan di pilih sebaiknya telah berumur sudah lebih 3 tahun. Bibit yang akan ditanam berasal dari batang indukan maka pastikan tanaman tersebut telah berumur layak tanam.
  2. Persiapkan media tanam untuk kaktus warna warni, hal ini dikarenakan tanaman ini membutuhkan media yang kering dan juga tidak menahan air. Media tanam kaktus warna warni agar baiknya menggunakan media tanah berpasir, pupuk kompos, arang sekam dicampur jadi satu perbandingan 1 : 1: 1. Kemudian, media tanam siap selanjutnya siapkan pot yang untuk digunakan pastikan memiliki drainase baik supaya nanti nya tanaman kaktus tidak membusuk, ukuran pot tanam yang akan digunakan di sesuaikan sama tanaman kaktus yang ingin di tanam, jika tanaman kaktus berbentuk membulat maka siapkan pot yang memiliki ukuran sekitar 5 - 10 cm.
  3. Langkah terakhir ialah perawatan, Walau tanaman kaktus itu tanaman tidak terlalu menyukai air, tapi tetap saja perlu di lakukan penyiraman, penyiraman dilakukan setiap seminggu sekali dan juga disesuaikan oleh tingkat kekeringan media tanam kaktus. Setelah 2 minggu barulah tanaman kaktus dipindahkan ketempat yang sesuai.

Lakukan lah dengan tekun agar mendapatkan hasil yang maksimal dan itulah cara mengembangkan budidaya tanaman kaktus warna warni.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah