Tips dan Cara Menjaga Ginjal Supaya Sehat


Ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia dan memiliki fungsi sebagai sistem eksresi. Di dalam tubuh sendiri ada sepasang ginjal yang letaknya di dekat pinggang. Ukuran panjang satu organ ginjal ini kurang lebih 10 cm dan memiliki berat 200 gram.
Ginjal memiliki peranan penting dalam mengarur keseimbangan asam dan pengaturan darah di tubuh anda. Serta dapat merangsang sumsum tulang belakang anda. Dengan begitu ginjal memilki pernanan penting di tubuh kita.
Bagaimana cara menjaga ginjal supaya sehat? Simak saja artikel dibawah ini :

1.     Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan merupakan cara ampuh dalam merawat kesehatan ginjal yang anda miliki. Anda dapat memilih makanan seperti sayur, buah atau makanan organik lainnya.  Anda dapat menjauhi makanan olahan atau instan. Kurangilah konsumsi garam berlebih dan konsumsi ikan atau daging tanpa lemak.

2.     Aktif Gerak

Anda dapat menjaga ginjal dengan cara melakukan aktivitas fisik. Caranya dengan aktif bergerak dan jangan malas beraktivitas, sebab kesehatan anda dapat dijaga dengan menggerakan badan.

3.     Jaga Berat Badan

Perut bergelambir karena lemak yang menumpuk dapat menghilangkan kepercayaan diri bagi pemiliknya. Selain berpengaruh terhadap emosional berta badan yang berlebih ini juga tidak baik bagi kesehatan organ tubuh anda. Sebab obesitas ini membuat organ tubuh anda akan bekerja lebih keras untuk mengikis lemak, termasuk ginjal anda nantinya dapat lemah kinerjanya.

4.     Jauhilah Alkohol dan Rokok

Tembakau yang anda hisap ini dapat merusak ginjal bahkan paru – paru. Selain itu konsumsi rokok dan alkohol menjadi alasan utama yang menyebabkan tubuh anda dapat terserang penyakit kronis dan salah satunya ialah penyakit ginjal.

5.     Minumlah Air Putih

Untuk menjaga kesehatan ginjal anda maka disarankan untuk minum air putih sebanyak 6 hingga 8 gelas perharinya. Hal ini sangat baik untuk merawat kesehatan kedua ginjal yang anda miliki.

6.     Kontrol Tekanan Darah

Penyakit ginjal dapat disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi. Sebab selama 5 tahun terakhir IRR mengumumkan data jika 35% penyakit ginjal ini disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi.

7.     Hindari Stress

Stress dapat menyerang siapa saja termasuk anda dan hal ini dapat menyebabkan darah anda naik. Jika tekanan darah anda tinggi maka risiko penyakit ginjal yang ada pada anda juga tinggi.

8.     Rajin Olahraga

Salah satu cara menjaga ginjal dengan olahraga. Tips yang satu ini dapat dilakukan dengan mudah untuk menjaga kesehatan ginjal yang anda miliki. Mengapa mudah ? Sebab dalam hal ini olahraga sendiri merupakan cara termudah termudah yang dapat dilakukan siapa saja tanpa meneglurakan biaya yang menguras kantong.

9.     Hindari Obat Antibiotik atau Anti Nyeri

Usahakan anda tidak mengkonsumsi obat anti nyeri atau antibiotik saat sakit. Untuk lebih amannya anda dapat meminum obat herbal alami. Sebab obat antibiotik atau anti nyeri ini secara perlahan dapat merusak ginjal anda. Kalaupun nantinya anda akan mengkonsumsi obat anti nyeri ini anda dapat mengkonsultasikan dosis penggunanan obatnya dengan dokter spesialis organ dalam.

10.             Kurangi Makanan yang Memiliki Zat Purin
Makanan yang memilki kandungan zat purin dapat menyebabkan asam urat. Banyak orang yang tidak tahu jika asam urat ini memiliki dampak terhadap ginjal.
Demikiana artikel yang memiliki judul tips dan cara menjaga ginjal supaya sehat, semoga bermanfaat bagi anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah