Cara Melancarkan Haid Secara Alami


Haid atau menstruasi yang tidak lancar memang dapat menimbulkan kekawatiran tersendiri bagi seorang wanita. Sebab siklus menstruasi yang tidak lancar ini dapat mempengaruhi masa subur dan adanya risiko penyakit reproduksi yang kerap kali dikaitkan dengan tanda – tanda siklus menstruasi yang tidak teratur. Sebagai acuannya siklus haid normalnya ada dalam rentang 23 hingga 35 hari. Dan haid menstruasi yang normal akan terjadi dalam waktu 2 – 8 hari. Sebelum mengatasi masalah ini pastikan siklus haid anda tidak sesuai acuan atau tidak teratur dalam hitungan tiga bulan kebelakang.
Gangguan menstruasi sendiri ditandai oleh siklus menstruasi yang tidak teratur dan berubah –ubah. Gejala lainnya ditandai dengan adanya jumlah darah yang keluar tidak sama  jumlahnya setiap bulan. Namun anda tidak perlu mencemaskan hal ini, di bawah ini saya akan membagikan tips dan cara melancarkan hadi dengan baik secara alami.

Pahami Penyebab Siklus Menstruasi yang Tidak Lancar

Prinsip utama dalam menangani gangguan kesehatan ialah dengan mengetahui apa penyebab gangguannya. Sikus menstruasi atau haid yang tidak lancar ini memiliki banyak penyebab yang beragam. Dan setiap penyebabnya memiliki cara penanganan yang berbeda pula. Di bawah ini rincian penyebab siklus menstruasi anda tidak lancar yang perlu anda tahu :

1.     Perubahan Hormon

Gangguan menstruasi ini dapat terjadi karena adanya perubahan hormon terhadap wanita. Selain saat pubertas kondisi perubahan hormom ini juga dialami oleh wanita yang sedang hamil, menjelang menopause dan menyusui. Ketiganya ini menimbulkan efek tidak seimbang dalam kadar persediaan progestrone di dalam tubuh si wanita.

2.     Penggunaan Alat Kontrasepsi

Wanita dewasa umumnya yang sudah menikah menggunakan alat kontrasepsi untuk mengendalikan kehamilan. Jenis alat yang dipakai juga berbeda – beda mulai dari jarum suntik, pil KB hingga pemasangan spiral IUD.
Salah satu efek yang nantinya dapat anda rasakan saat menggunakan alat spiral ini ialah siklus menstruasi yang tidak teratur.

3.     Berat Badan Berubah Drastis

Berat badan yang meningkat atau turun dengan drastis ini dapat memicu haid yang tidak lancar dan teratur. Kondisi ini dapat menimpa anda yang memiliki profesi sebagai atlet olahraga, wanita yang menjalankan program diet atau wanita yang melakukan aktivitas fisik ekstrim dan gangguan makan (bulimia) dan bahkan memiliki sakit kronis akut.

4.     Stress

Suasana hati dan faktor psikologi memiliki peranan besar bagi kesehatan tubuh anda. Tidak sedikit gangguan kesehatan yang berasal dari stress yang tidak dapat anda kendalikan atau dikelola dengan baik. termasuk haid yang tidak lancar yang saat ini anda alami.
Stress dengan jangkan panjang dapat memperburuk siklus menstruasi yang anda alami. Bahkan rasa cemas dan gelisah dapat mengganggu siklus menstruasi dan dapat menimbulkan gangguan menstruasi bagi wanita.

5.     Penyakit Dalam Organ Reproduksi

Adanya gangguan menstruasi dapat menjadi tanda penyakit organ reproduksi. Salah satu penyakit yang dikaitkan dengan kondisi ini ialah PCOS.
Gangguan siklus menstruasi yang diderita oleh pengidap PCOS ini terjadi karena adanya pembentukan kista di ovarium. Kondisi ini tergolong parah dan dapat meningkatkan risiko kematian  bagi penderitanya. Selain itu PCOS dapat meningkatkan risiko kemandulan , penykit jantung dan juga diabetes. Jika bukan karena adanya PCOS gangguan siklus menstruasi ini dapat juga terjadi karena pendarahan yang tidak teratur yang disebabkan oleh gangguan di ovum atau rahim.

Demikian artikel berjudul cara melancarkan haid secara alami, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah