CARA MENANAM LEMON DI POT


Bagi masyarakat Indonesia, menggunakan buah jeruk untuk berbagai olahan itu sangat umum. Mulai dari jeruk nipis, jeruk purut, dan pula jeruk lemon. Jeruk lemon beredar di Indonesia umum nya terbagi menjadi dua, lemon lokal serta lemon impor. lemon lokal banyak dijual pasar serta swalayan. Harga jualnya pun tak semahal lemon impor, namun justru hal itu membuat lemon lokal menjadi terjangkau bagi berbagai kalangan masyarakat.

Menanam buah jeruk lemon lokal di rumah tentu sangat baik, sebab manfaat dari lemon lokal sendiri itu sangatlah kaya. Jika memiliki sendiri tanamannya di rumah, sudah tidak perlu repot harus membeli di tukang buah bila menginginkan lemon lokal. Tanamlah bibit jeruk lemon lokal di pot, bila anda tidak memiliki lahan luas. Proses membuat nya sedikit berbeda dari menanam langsung di kebun. Berikut ini cara menanam lemon di pot...


Bahan serta Alat :

• Bibit jeruk buah lemon lokal
• Pot diameter min. 30cm
• Pecahan genting atau bata
• Tanah berhumus
• Arang sekam
• Humus bambu

Langkah Cara Menanamnya :

1. Siapkan bibit jeruk lemon yang ingin ditanam. Menaman bibit harus menggunakan bibit dalam keadaan sehat serta bentuknya sedang, tidak ada bagian terkena penyakit, virus ataupun serangan hama.

2. Tata potongan bata atau genting pada dasar pot yang nantinya akan digunakan.

3. Siapkan media tanam. Campur tanah, arang sekam, serta humus bambu dalam perbandingan yaitu 1 : 1 : 1.

4. Masukkan sebagian media tanam hingga 1/3 dari volume pot ansa gunakan. Letakkan bibit jeruk lemon lokal tepat di tengah. Lalu tambahkan kembali media tanam sampai kurang lebih 2 cm dari bibir pot.

5. Siram media tanam dalam keadaan secukupnya hingga media tanam telah jenuh dari air. Penyiraman cukup di berikan pada media tanamnya saja, hindari menyiramkan air ke batang pohon jeruk lemon lokal agar tak berpotensi batang busuk.

Nah itulah cara menanam buah lemon di pot jika langkah telah diikuti maka hasil tidak lama lagi atau panen akan ada oleh karenanya semoga bisa bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah