Cara Terhindar Serta Pengobatan Gusi Bernanah


Gusi bernanah atau abses periodontal merupakan kondisi di mana terdapat kantung berisi nanah dibagian gusi. Membiarkan hal ini akan mengakibatkan infeksi menyebar, bahkan dapat mengancam nyawa seseorang.

Gusi bernanah disebabkan karma beberapa hal seperti buruknya kebersihan mulut, maupum menumpukanya plak gigi menjadi radang gusi serta tidak diobati secara benar. Infeksi mungkin hanya bermula di bagian gigi, kemudian menyebar ke area sekitarnya lalu menjadi abses berisi nanah.

Berikut ini beberapa informasi mengenai gusi bernanah perlu kamu ketahui agar lebih waspada terhadap kondisi ini.

Gejala Gusi Bernanah


Gejala salah satunya yaitu rasa sakit hebat saat mengunyah makanan. Gusi bernanah memang tak bisa dianggap sepele karna dapat menyebabkan nyeri sangat mengganggu. Adapun gejalanya ialah sebagai berikut:

• Rasa sakit hebat saat sedang mengunyah makanan karna adanya tekanan antara gigi dan gusi
• Bau napas tidak sedap
• Demam
• Gigi sensitif, dapat memicu rasa ngilu saat menyantap makanan terlalu panas serta dingin.


Saat kamu mengalami beberapa gejala seperti hal di atas, segeralah periksakan kondisi kesehatan gigimu ke dokter gigi. Dalam kasus ini, dokter gigi umumnya akan melakukan pemeriksaan gigi serta mulut.

Tidak jarang jika dokter gigi akan menggunakan pemeriksaan X-Ray sebagai prosedur umum agar mengetahui seberapa jauh infeksi sudah menyebar.

Bagaimana Cara Mengatasi Gusi Bernanah?


Saat setelah melakukan pemeriksaan, umumnya dokter akan melakukan beberapa cara menghilangkan nanah serta mengobati sumber infeksi. Hal ini dapat diatasi dengan tindakan drainase.

Prosedur ini dilakukan memberikan sayatan pada bagian gusi bernanah untuk mengeringkan isi dalam kantung abses. Setelah itu, dokter melakukan perawatan lebih lanjut mengatasi masalah kesehatan mulutmu.

Jangan takut di prosedur ini. Sebab drainase serta sayatan akan dilakukan menggunakan anestesi lokal. Sehingga pada saat proses berlangsung, kamu tak merasakan rasa sakit.

Abai Mengobati Gusi Bernanah? Ini yang Bisa Terjadi


Jika membiarkan gusi bernanah begitu saja malah menyebabkan gusi semakin membengkak. Masih ragu memeriksakan kondisi gusimu ke dokter? Ingat, membiarkannya begitu saja akan menimbulkan beberapa komplikasi seperti di bawah ini.


- Gusi akan semakin membengkak.
- Infeksi akan menyebar serta emakin dalam. Pada kondisi tertentu, infeksi bisa menyebar hingga ke aliran darah, serta meningkatkan risiko sepsis (saat infeksi masuk ke aliran darah, sistem imunitas tubuh mengirimkan respons berupa senyawa kimia dalam jumlah besar ke seluruh tubuh, hal tersebut dapat menyebabkan peradangan seluruh tubuh bahkan mengancam nyawa).
- Selain dariitu, komplikasi gusi bernanah juga bisa menyebabkan osteomielitis. Kondisi ditandai dqri suhu tubuh meningkat, serta nyeri dibagian tulang. Pasalnya, bakteri pada abses telah masuk ke aliran darah dan akan menginfeksi tulang.


Tips Menjaga Gusimu Tetap Sehat Atau Terhindar Dari Gusi Bernanah


Supaya gusi tetap sehat, kamu bisa mulai menjaganya dengan rajin menggosok gigi. Setelah kondisi gusimu telah kembali membaik, cobalah untuk mulai menjaga kesehatan gusi. Supaya gangguan kesehatan gusi serta gigimu takblagi mengganggu harimu. Berikut ini beberapa cara bisa kamu lakukan.

1. Membatasi asupan makanan serta minuman manis yang masuk dalam mulut.
2. Menonsumsi buah banyak serat dan pola makan sehat akan memperlambat berkembangannya radang gusi.
3. Hindari merokok sebab akan menimbulkan plak serta tartar.
4. Rajinlah menggosok gigimu, setidaknya dua kali dalam sehari menggunakan pasta gigi mengandung fluoride untuk menghilangkan plak di gigi.
5. Gantilah sikat gigimu secara berkala setidaknya tiga bulan sekali.
6. Lengkapi rutinitas membersihkan mulut menggunkan pembersih mulut mengandung antiseptik agar merawat kesehatan gigi, gusi serta rongga mulut. Tetapi batasilah penggunaannya.
7. Berhenti meminum alkohol bisa dapat membuat mulutmu tidak terhidrasi sehingga menyebabkan bakteri berkembang di mulut secara mudah.

Setelah membaca rincian hal di atas, ada baiknya kamu lebih memerhatikan kesehatan mulut, terutama area gusi karna sangat rentan mengalami infeksi. Sebagai langkah pencegahan, kamu daoat melakukan perawatan serta berkonsultasi pada dokter gigi seputar kebersihan rongga mulut.

Lalu, segeralah memeriksakan kondisi gusimu jika kamu mengalami beberapa gejala gusi bernanah. Ingat, penanganan sedini mungkin itu penting karna dapat membantu kamu mengurangi risiko komplikasi apapun yang mungkin terjadi. Sekian semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah