Inilah Teknik Cara Budidaya Blewah


Buah blewah merupakan buah sangat banyak digunakan untuk campuran minuman adanya buah ini dapat memberikan kesegaran. Sebab dari kesegarannya itu blewah kerap sekali muncul pada bulan Ramadhan di mana buah ini digunakan untuk campuran minuman berbuka puasa seperti es buah atau es campur.

Cara Budidaya Blewah

Dalam teknik cara budidaya buah blewah tidak rumit, sangat mudah, efisien, serta tak memerlukan banyak biaya. Cara menanam buah blewah hampir lebih mirip dari penanaman buah semangka. 

  • Teknik budidaya nya yaitu dimulainya dari penyiapan lahan tanah yang sudah dilubangi juga. Namun, lebih baik nya lagi kalau tanah itu juga dibajak.

  • Kemudian, tanah diberikan pupuk kandang. Supaya terjaga kadar kelembaban tanah tersebut, dolomit dapat digunakan setelah penaburan pupuk kandang. Kadar kelembaban tanah pun tetap dijaga dengan baik agar mendapatkan kualitas tumbuhan baik. 

  • Selanjutnya, tanah tersebut diberikan pupuk kimia dosisnya berkisar 200 kg per hektar. Sebaiknya hal ini harua diperhatikan karena penggunaan dosis berlebih pun malah tidak baik bagi tanaman.

Penanaman Blewah

  • Sementara itu, di tempat lain benih blewah akan ingin ditanam dipersiapkan terlebih dahulu. Benih blewah direndam ke dalam air dalam waktu sehari saja. Hal ini bertujuan agar menjaga benih supaya tak mengalami kekeringan. Jika benih blewah tidak direndam, maka biji tersebut bisa kering serta tak bisa tumbuh menjadi buah setelah ditanam.

  • Setelah direndam selama satu hari, benih segera dibawa ke lahan yang dijadikan tempat penanaman. Cara tanam blewah yaitu menaburkan dua ataupun tiga benih blewah ke lubang tanah. Lalu, lubangtanah tadi yang sudah dimasuki benih blewah ditimbun kembali oleh tanah. Jarak tanam sekitar 70 cm agar memberi celah ketika buah blewah ingin tumbuh.

Perawatan Blewah

  • Supaya mendapatkan hasil blewah berkualitas, perawatan blewah dilakukan secara baik. Pemupukan dilakukan saat tanaman telah berumur 7 hari, 20 hari, 35 hari. Pupuk yang ingin digunakan diharuskan dicampur oleh air. Lantas, pupuk telah bercampur oleh air lalu bisa disiramkand kepada seluruh tanaman blewah dilakukan secara merata. Baik pupuk kandang macam kotoran ayam serta sisa dedaunan atau juga pupuk kimia urea dapat digunakan buat pemupukan blewah.

  • Jika perawatan tak dilakukan secara maksimal, maka akan bisa menutup kemungkinan tanaman terserang berbagai penyakit nantinya membuat kualitas buah dihasilkan akan buruk. Petani blewah kemungkinan pula dapat mengalami kerugian.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah