4 Tips Jitu Ini Buat Anak Mau Ke Dokter Gigi


Saat mengajak anak untuk ke dokter gigi kadang setara dengan “berperang”. Orang tua harus pintar-pintar merayu anak bagaimanapun agar mau diperiksa, atau memikirkan segala cara membuat anak tenang, sesampainya di ruangan dokter gigi.

Anda mungkin ingin kunjungan anak ke dokter gigi lebih mudah serta tanpa pemaksaan apapun, ada beberapa trik bisa dilakukan.

Berikut ini tipsnya supaya anak lebih berani ke dokter gigi:


1. Dimulai sejak dini


Cara terbaik mengatasi ketakutan anak salah satunya adalah membawa anak ke dokter gigi sejak dini. Disarankan saat gigi pertama anak tumbuh / ketika anak berusia 1 tahun. Saat memulai pengenalan ke dokter gigi sedini mungkin, selain dapat membuat giginya sehat serta membentuk kebiasaan bahkan kenyamanan antara anak dan dokter gigi agar anak tidak takut.

2. Gunakan kata-kata positif


Sebisa mungkin hindari kata-kata membuat anak bisa takut, seperti kata 'suntik','sakit' dan lain lain. Seharusnya anda sebagai orang tua katakan kepada anak bahwa dokter gigi membuat giginya bersih, sehat, serta kuat. Penggunaan kata-kata positif seperti “sehat” dan “kuat” malah membuat kunjungan ke dokter gigi terdengar fun serta asik.

Perlu digaris bawahi jangan mengatakan “semuanya baik-baik saja”, karna jika ternyata anak membutuhkan perawatan khusus, bisa dipastikan ia akan hilang kepercayaan kepada dokter gigi bahkan anda.


3. Berikan dukungan penuh


Tak dapat dipungkiri bahwa anak bandel atau berani sekalipun pasti merasa gugup atau takut ketika diajak ke dokter gigi. Apalagi saat dokter gigi mulai melakukan pemeriksaan gigi. Sebab itulah, penting bagi anda yaitu orang tua untuk memberikan dukungan penuh ke anak, seperti berada di satu ruangan sama saat perawatan.


4. Jadwalkan waktu khusus


Untuk para orang tua pekerja, penting sekali agar kita mengosongkan waktu lebih longgar untuk mengantar anak ke dokter gigi. Jika Anda terburu-buru serta hanya memberi waktu terbatas, maka tak diragukan anak pun mengalami kepanikan serta menjadi lebih tegang. Oleh karena nya, merencanakan kunjungan dokter gigi jauh hari, pastikan juga anda memiliki waktu cukup santai untuk menemani anak.

Memelihara kesehatan gigi serta mulut merupakan hal sangat penting dan harus diajarkan secara dini kepada anak. Hal ini sangat menguntungkan bagi anak maupun orang tua. Selain itu pula menerapkan empat tips jitu seperti hal di atas, anda pun tidak akan kewalahan lagi mengajak anak ke dokter gigi. Semoga dapat bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah